Beranda / Program / Pentahelix
Program

Pentahelix

pentahelix

CLC Purbalingga dan Spektakel.id, bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan program Pentahelix yang akan mempertemukan 5 unsur pemangku ekonomi kreatif; akademisi, pengusaha, komunitas, pemerintah, dan media. Acara dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) ini akan mengundang perwakilan dari ke-5 unsur tersebut.

Pokok bahasan utama adalah bagaimana sebuah festival film bisa terhubung dengan sektor-sektor kreatif lain di wilayah tersebut dan membentuk satu ekosistem yang saling mendukung dalam menguatkan lini kerja ekonomi kreatif.

Pada program Pentahelix ini, akan diundang perwakilan-perwakilan unsur kerja kreatif mikro di 5 kabupaten Banyumas Raya. Seperti yang kita tahu, ke-5 kabupaten di Banyumas Raya memiliki potensi ekonomi kreatif yang saling menyangga satu sama lain.

Festival Film Purbalingga (FFP) yang telah berjalan 11 tahun - melahirkan banyak pembuat film pelajar. Tidak hanya itu, capaian FFP dalam mempromosikan Purbalingga dan Banyumas Raya melalui program festival bisa menjadi bahan pembelajaran bersama.

Kini, Purbalingga dan Banyumas Raya masuk dalam peta perfilman Indonesia - khususnya pada sektor apresiasi dan pengembangan talenta. FFP juga secara konsisten mengangkat isu pariwisata dan ekonomi kreatif mikro dalam kampanyenya. Ini satu hal yang bisa dilakukan sebuah festival, baik itu film, musik atau pun lainnya; terkoneksi dengan unsur-unsur lain.

BAHASAN

Program ini akan mengidentifikasi, memetakan serta mengupas potensi ekonomi kreatif mikro di Banyumas Raya dari berbagai sektor; grafis, musik, kuliner, teater dan seterusnya. Potensi ini bisa dibaca dari sudut pandang geografis, demografi, sosial, seni budaya hingga tata kota. Masing-masing unsur akan berperan sebagai indifikator berdasarkan pengalaman-pengalaman empirik yang sudah dilakukan selama ini dalam kerja-kerja kreatifnya. 

Pokok bahasan utamanya adalah;

  • Memetakan potensi ekonomi kreatif Banyumas raya;
  • Memetakan hambatan pengembangan;
  • Konsepsi resolusi pengatasan hambatan.

Program ini hanya bagi undangan.