Beranda / Tentang Festival Film Purbalingga
Tentang Kami

Festival Film Purbalingga

FFP adalah program festival tahunan CLC Purbalingga selain diseminasi, perpustakaan, dan dialog kebudayaan, yang diaplikasikan dalam bentuk workshop (penulisan, pembuatan film, dsb), diskusi, pemutaran film regular, dan banyak lainnya, yang ditujukan untuk membangun budaya baru menonton film bagi masyarakat Purbalingga dan Banyumas Raya pada umumnya, serta sebagai ruang laboratorium pendidikan dengan film sebagai media penyampai.

FFP adalah sebuah ruang dialog melalui media film baik dalam konteks kekaryaan, maupun aspek lainnya; transformasi nilai dan pendidikan, identitas lokal, dan narasi keseharian masyarakat. FFP menjadi ruang pengembangan bibit (remaja – pemula) untuk mengekspresikan pendapatnya melalui media film.


PROGRAM

Program FFP terbagi dalam 3 pilar utama;

Layar Tanjleb

Selama tiga minggu penuh, FFP berkeliling desa-desa seantero 4 kabupaten di Banyumas Raya; Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas dan Cilacap. Kurang-lebih 20 desa disambangi tiap tahunnya, melibatkan langsung kelompok di desa tersebut untuk mengelola program Layar Tanjleb di desa mereka masing-masing. Pada program ini diputar film Indonesia panjang serta pendek.


Kompetisi Film Pendek Pelajar

Kompetisi film pendek fiksi dan dokumenter yang didedikasikan bagi pelajar SMP/A di Purbalingga dan Banyumas Raya. Kompetisi ini merupakan ruang diseminasi yang melahirkan talenta-talenta baru tiap tahun. Film pendek Purbalingga yang telah meraih penghargaan lahir dari kompetisi FFP.


Pemutaran film non kompetisi

Program ini dihadirkan sebagai program dukungan untuk memperluas horison pengetahuan sinema bagi masyarakat Purbalingga dan Banyumas Raya. Salah satu program utama adalah program film untuk Anak.

Kedua program diatas dihadirkan pada minggu terakhir di kota Purbalingga, diiringi dengan program tambahan seperti diskusi dan workshop.